Login

Lupa password?

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 24 pada Wed Jul 25, 2012 6:46 am
Latest topics
» Manga favorit
by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:58 pm

» plasa enaknya diapain ya??
by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:56 pm

» Absensi (sehari sekali)
by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:55 pm

» O-o-o-o-o-ohayou gozaimasu! XD
by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:55 pm

» Bahasa Sunda
by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:25 pm

» Kritik-Saran Niji
by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:24 pm

» Guru Favorit
by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:23 pm

» Perang browser
by tamachama Thu Jul 14, 2011 4:32 pm

» Angkatan 2012
by ichi-suti Wed Jul 13, 2011 6:31 pm

» Perdana Dari Saya
by Otamega Tue Jul 12, 2011 6:21 pm

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
November 2018
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Calendar Calendar

Affiliates
free forum
brothersoft.com
CLAMP Factory
Code Geass
Kamichama Karin
Follow us on Twitter
Shikoku
ASNK ForumAzure Life

penggunaan partikel

Go down

penggunaan partikel

Post by todia on Mon May 04, 2009 7:54 pm

sy bkal coba jlasin SMWA penggunaan partikel

’は’
例: わたしはたまです

~subjek~ wa ~objek~ desu

yg lainnya nyusul yaa males sayanya
wkwkwk Razz

todia

Jumlah posting : 343
Points : 362
Join date : 04.05.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by tamachama on Mon May 04, 2009 7:59 pm

oii~
kalau bisa sama romajinya dong! wkwkwk

penggunaan wa:

watashi wa tama desu. (saya tama)

eh lho??
avatar
tamachama
Administrator

Jumlah posting : 575
Points : 688
Join date : 01.05.09
Age : 25
Lokasi : world of nobody

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by todia on Mon May 04, 2009 8:00 pm

da emg sy tama

km yg ga nyambung faniaaa jadi tama maaaa
merebut nama saja kaw
wkwkwkw

apalagi ya?
rikues dong yg ga ngerti partikel apa

todia

Jumlah posting : 343
Points : 362
Join date : 04.05.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by tamachama on Mon May 04, 2009 8:04 pm

humm...

rekues penggunaan partikel:

ga, ni, o, de, e


lengkap dengan pengertian, pola kalimat, dan contoh kalimatnya dong!!

*devilish smile*
avatar
tamachama
Administrator

Jumlah posting : 575
Points : 688
Join date : 01.05.09
Age : 25
Lokasi : world of nobody

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by todia on Mon May 04, 2009 8:12 pm

ah yg itu mah smwa org jga udah tau atuh
tp ya gpp lah
SPECIAL BWT MANEH
wkwkw

lama ah make hiragana mah

'ga'
(pengertian partikel ga ada banyak pisan
sy tulis yg standard aja ya)

~objek~ ga arimasu
menunjukan keberadaan suatu benda MATI
rei: isu ga arimasu

~objek~ ga imasu
menunjukan keberadaan suatu benda HIDUP
rei: haha ga imasu

~objek~ ga ~sifat~ desu
menunjukan sifat suatu benda
rei:fania ga kirei desu

~objek~ ga suki desu
menunjukan kesukaan trhadap suatu benda
rei: anata ga suki desu

~objek~ ga hoshii desu
menunjukan keinginan terhadap kepemilikan suatu benda
rei: kuruma ga hoshii desu

yg lainnya nanti

todia

Jumlah posting : 343
Points : 362
Join date : 04.05.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by todia on Thu Jul 02, 2009 11:11 pm

Partikel wa --> は, digunakan buat penanda subject (~~.... adalah.....)
*. watashi wa asa 5 ji ni okimasu
私 は 朝 5 時に 起きます
saya bangun jam 5 pagi.
--> kalo bahasa Indonesia, biasanya pake Subject - Predikat - Object.
--> kalo bahasa jepun, pake Subject - Object - Predikat.

*. Nichiyobi wa tomodachi to Surabaya e ikimashita 
日曜日 は 友達 と スラバヤ へ 行きました
Hari Minggu (telah) pergi ke surabaya dengan teman


Partikel mo も ~~ ..juga... (ato ..pun)
*. kono nimotsu mo onegaishimasu (barang ini juga)
この 荷物 も お願いします

*. watashi mo sonna boshi o sagashite irondesu
(saya juga ingin mencari topi seperti itu)

*. doko [e] mo ikimasendeshita. (Tidak pergi kemana pun/juga)
どこ も 行きませんでした


Partikel no --> の (menyatakan milik../kepunyaan...)
*. kore wa konpyuta no hon desu (ini buku [tentang] komputer)
これ は コンピュタ の 本 です

*. kono kaban wa Budi san no desu (tas milik Budi)
この かばんは Budi さん のです

*. mo sukoshi ooki no wa arimasenka. (sedikit lebih besar dari ini ada?)
もう 少し 大きい の は ありませんか


Partikel o を
--> kalo partikel o, dibelakang partikel o pasti selalu kata kerja.
*. watashi wa jusu o nomimasu (saya minum jus)
私 は ジュス を 飲みます

*. kino kaisha o yasumimashita

*. kono michi o massugu ikuto, eki ga arimasu
この 道 を まっすぐ 行くと 、駅 が あります



Partikel ni --> に
*. watashi wa asa go ji ni okimasu ==> pada jam 5...
私 は 朝 5 時 に 起きます

*. kazoku to tomodachi ni kurisumasu-kado o kakimasu ==> kepada/untuk....
家族 と 友達 に クリスマス カド を 書きます

*. watashi wa kaisha no hito ni hon o karimashita ==> ke/dari....
私 は 会社 の 人 に 本 を 借りました

*. tsukue no ue ni shashin ga arimasu ==> keterangan tempat (diatas meja ....)
机 の 上 に 写真 が あります

*. ashita tomodachi ni aimasu ==> dengan teman ...
明日 友達 に 会います

*. 1 shukan ni ikkai tenisu o shimasu ==> keterangan waktu (dalam 1 minggu..)
1週間 に 1回 テニス を 尾します

*. kyoto e hana mi ni ikimasu ==> untuk melihat ...
京都へ 花 見 に 行きます

*. Kaori chan wa 10 sai ni narimashita ==> menjadi [usia] ....
カオリ ちゃん は 10 歳 に なりました
____________________________________________________________________

Partikel e --> へ ==> biasanya buat menyatakan arah.
*. tomodachi to kyoto e ikimasu
友達 と 京都 へ 行きます

*. ano shingo o migi e magatte kudasai
あの 信号 を 右 へ 曲がって ください
____________________________________________________________________

Partikel de --> で
*. nihon go de repoto o kakimasu ==> dalam bahsa jepang ....
日本 語 で レポト を かきます

*. eki de shinbun o kaimasu ==> di stasiun .....
駅 で 新聞 を 買います

*. watashi wa 1nen de natsu ga ichiban suki desu ==> dalam satu tahun ...
私 は 1年 で 夏 が いちばん 好き です
____________________________________________________________________

Partikel to --> と
*. watashi wa kazoku to nihon e kimashita. ==> dengan keluarga .....
私 は 家族 と 日本 へ 来ました

*. hon-ya wa hana-ya to supa no aida ni arimasu ==> toko bunga dan supa ...
本屋 は 花屋 と スパ の 間 に あります

*. ashita ame ga furu to omoimasu ==> keterangan..
明日 雨 が 降る と 思いs増す
_____________________________________________________________________

Partikel ya --> や --> dan...
*. hako no naka ni furui tegami ya shashin ga arimasu
箱 の 中 に 古い 手紙 や 写真 が あります

____________________________________________________________________

Partikel kara -- made --> から --- まで
*. watashi wa 9ji kara 5ji made hatarakimasu. ==> dari jam 9 sampai jam 5....
私 は 9時 から 5時 まで 働きます

*. watashi no kuni kara nihon made hikoki de 4jikan kakarimasu.
私 の 国 から 日本 まで 飛行機 で 4時間 かかります

*. eki made mukae ni ikimashoka.
駅 まで 迎え に 行きましょうか

Partikel ga -- が
----> fungsi ga disini banyak bgt artinya. Contoh kalimat disini mewakili satu2 arti.
Biasanya subject + kata benda + ga + kata sifat.

*. Watashi wa nihon ryori ga suki desu (saya suka masakan jepang)
私 は 日本 料理 が 好き です

*. asoko ni otoko no hito ga imasu (disana ada [seorang] laki2)
あそこ に 男 の 人 が います
----> buat ngomongin ttg manusia/orang, kata penunjuk biasanya pake kono, sono, ano. kalo pake kore, sore are itu buat benda.
----> Utk benda hidup, selalu pake ...imasu.
benda mati, pake ....arimasu.

*.Soyuzno san wa se ga takai desu. (Soyuz san [badannya] tinggi)
ソユスノ さん は 背 が 高い です

*. Supotsu de sakka ga ichiban omoshiroi desu. ([dalam sport/olahraga] sepakbola paling menarik)
スポツ で サッカ が いちばん おもしろい です

*. ame ga futte imasu ([ada] hujan turun)
雨 が 降って います

*. Budi san ga kaite e wa dore desuka.
Budi さん が かいて 絵 は どれ ですか

*. Dare ga okane o haratte kuremashitaka.
だれ が お金 を はらって くれましたか

ini yg buatan sy jaman dulu aja ya
tuh udah dibuat sama sy request km, fania

todia

Jumlah posting : 343
Points : 362
Join date : 04.05.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by tamachama on Wed Aug 12, 2009 8:56 pm

etto, ini copas dari forum sebelah (source-nya tabel kana yang sebelumnya). tulisan ini dibuat oleh naoe-senpai, salah seorang yang masih belum teridentifikasi wujudnya karena baru aja saya kenal (gomen ne naoe-senpai!)

Yang paling penting di bahasa Jepang: partikel! Klo gak ada partikel, kata-kata dalam kalimat bakal gak jelas posisinya.

Partikel 'ha'
Meskipun ditulis pake hiragana ha, tapi klo sebagai partikel dibaca 'wa'. Kata yg diakhiri pake partikel 'ha' menjadi topik dari kalimat.

contoh:
Ore wa Lolicon da! (Saya adalah seorang Lolicon!) --> bercanda bung!
Kore wa Pasokon. (Ini sebuah PC.)

Partikel 'mo'
Partikel 'mo' digunakan untuk mengangkat topik yang sama di kalimat yang berbeda, klo di-Indonesia-kan kurang lebih artinya "juga"

contoh:
Ore wa Lolicon. Kare mo Lolicon. (Saya Lolicon. Dia juga Lolicon) --> tte, hoka no hito mo iru no ka?
Kore wa Pasokon. Are mo Pasokon. (Ini sebuah PC. Yang itu juga sebuah PC.)

Partikel 'wo'
Ditulis pake hiragana wo, tapi dibaca 'o'. Pada kenyataanya, rasa-rasanya gak ada fungsi lain dari hiragana wo selain sebagai partikel...
Kata yg diakhiri partikel wo menjadi sebuah objek penderita dari sebuah kata kerja.

contoh:
Naoe o korosu. (Membunuh Naoe.) --> TASUKETEKUREEEEE!!!
Kare o mita. (Melihat dia.)

Partikel 'ga'
Partikel 'ga' punya kemiripan dengan partikel 'ha', bahkan bisa saling menggantikan. Penjelasannya mungkin akan lebih mudah klo dijelasin pake contoh:

Dare ga Lolicon? (Siapa yg Lolicon)
Naoe ga Lolicon. (Naoe adalah yg Lolicon) --> tte, janee yo!!!

bedakan dengan:

Lolicon wa dare? (Lolicon (itu) siapa?)
Naoe wa Lolicon. (Naoe itu Lolicon.) --> tte, janee to itta darou ga!!!

Di contoh 1, dengan adanya partikel 'ga', kalimat tanyanya jadi bertujuan mencari siapa yang seorang Lolicon (mencari objeknya secara kongkrit), atau istilahnya mengidentifikasi siapa yang Lolicon. Dari pertanyaan ini timbul pengertian bahwa sebelumnya sudah ada topik yg diangkat, dan pertanyaan ini digunakan untuk pengidentifikasian objek dari topik sebelumnya. Sedangkan di contoh 2, selain bertanya, juga mengangkat topik baru. Jadi timbul kesan seakan-akan ada orang yang datang entah dari mana lalu tiba-tiba bertanya "Lolicon (itu) siapa?". Kesimpulannya adalah partikel 'ha' berguna untuk mengangkat topik baru, sedangkan partikel 'ga' digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu. Mungkin awalnya gak begitu jelas perbedaanya, tapi klo sering-sering latihan pasti bakal kerasa bedanya partikel 'ha' dan partikel 'ga'.
avatar
tamachama
Administrator

Jumlah posting : 575
Points : 688
Join date : 01.05.09
Age : 25
Lokasi : world of nobody

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by Naoe on Sun Aug 16, 2009 9:53 pm

^ie ie, doumo Very Happy
avatar
Naoe

Jumlah posting : 32
Points : 36
Join date : 16.08.09
Age : 26
Lokasi : パソコンの前

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by Otamega on Thu Jul 07, 2011 9:46 pm

demi apalah lengkap (dan niat banget)

makasiiiih... ngebantu banget nih hahaha cheers

_________________

--------------------------------------------------------------------------------------------
Whoooooaaa... This is just TOO much...
avatar
Otamega
Administrator

Jumlah posting : 129
Points : 145
Join date : 05.07.11
Age : 24
Lokasi : Somewhere under the RAINBOW...

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: penggunaan partikel

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik